Microsoft Outlook Express 6 adalah program email dasar gratis dari Windows XP.

Di Outlook Express, setiap folder email tersimpan di satu file (DBX). Misalnya, folder Kotak Masuk (Inbox) di Outlook Express adalah satu file, Inbox.dbx, folder Pesan Terkirim (Sent Items), Sent Items.dbx. Sebaliknya, Ms. Outlook menyimpan setiap pesan sebagai file individual.

Ukuran maksimum file DBX adalah 2 GB dan hal tersebut dapat menyebabkan beberapa masalah serius (terlalu cepat penuh). Intinya adalah bahwa pengguna sering menggunakan email saat ini untuk berkomunikasi yang berbeda satu sama lain. Anda dapat mengimpor pesan email dan informasi akun dari Outlook Express ke Ms. Outlook.

Jika Outlook Express dan Ms. Outlook dipasang di komputer yang sama, Anda perlu mengetahui informasi ini agar Anda dapat menemukan dan menyalin folder yang benar saat diperlukan. Saya memulainya melalui Ms. Outlook karena lebih mudah (dalam hal ini ini adalah pertama kalinya saya menggunakan Ms. Outlook 2003 setelah instalasi).

Berikut panduannya :

  1. Klik icon Ms. Outlook 2003, secara otomatis akan melakukan pengecekan jika terdapat email pada Outlook Express, pilih Upgrade form lalu klik Next.

  1. Isi detail informasi email yang didapatkan dari pihak penyedia email seperti gambar berikut, lalu Next.

 

 

  1. Pilih Connect using my local area network (LAN), lalu Next dan Finish.

 

  1. Pilih Yes dan tunggu hingga proses impor selesai (proses impor tergantung dari banyaknya email dan spesifikasi laptop / PC yang digunakan).

Semoga berhasil, terima kasih.