Kali ini saya akan memberikan panduan IP ( yang dimaksud adalah secara aplikasi, bukan secara fisik). Perangkat ini saya coba kurang lebih hanya beberapa jam, setelah itu dikembalikan ke pemiliknya J. Ini adalah IP kamera yang pertama kali saya coba, sebelumnya ada NVR yang mempunyai fungi sama yaitu untuk memonitoring disertai perekaman suatu tempat namun menggunakan media hard disk sebagai tempat penyimpanannya.

Isi dalam kotak penjualan yaitu :

  1. Perangkat IP Camera
  2. Adaptor, Input 0.3A, Output 5V 2mA
  3. Kartu garansi
  4. Kartu panduan
  5. Kabel LAN 1m
  6. Braket
  7. Sekrup dan fischer

Peralatan yang dibutuhkan :

  1. Router wireless
  2. Smartphone (HP) yang telah terpasang aplikasi Super Spring IP CAM

 

Jika melihat panduan yang diberikan dan hasil browsing dari situs penjualnya serta percobaan yang saya lakukan, terdapat perbedaan pada awal proses pencarian kamera. Berikut topologi serta cara instalasinya :

Topologi : smartphone <–> router wireless <–*> IP Cam

<–> = ¬†wireless.

<–*> = ¬†wireless atau kabel LAN.

1. Pastikan HP telah tersambung ke router wireless dan telah terpasang aplikasi Super Spring IP CAM, berikut tampilan aplikasi tersebut.

2. Klik tanda + pada halaman awal untuk menambah kamera lalu pilih Add manually.

3. Akan muncul 2 cara, yaitu Wi-Fi SmartConfig dan Ethernet cable, dalam hal ini saya memilih dengan wireless, namun tidak masalah jika menggunakan kabel LAN karena akan mendapatkan hasil serupa.

4. Muncul informasi untuk menyalakan kamera yang disertai notifikasi suara. Pada Add Camera akan tertera nama wireless secara otomatis dan tidak bisa dirubah, hanya bisa mengisikan sandi di kolom Wifi passw…, silakan isi sandi wifi tersebut lalu klik ADVANCED dan hasilnya akan muncul seperti gambar berikut :

5. Pilih nomor UID yang tertera sehingga muncul gambar berikut, lalu klik OK.

6. Inilah hasilnya. Pilih gambar tersebut untuk memperbesar disertai ikon untuk mengatur kameranya.

Jarak IP Cam, HP dan router pada percobaan ini sekitar 50 cm, sangat berdekatan sekali. Ketika saya mencoba memainkan pengarah kanan, kiri, atas dan bawah, cukup responsif namun terkadang ada jeda juga.

Terdapat konfigurasi jika ingin melihat atau merubahnya, yaitu dengan memilih bulatan titik 3 di kanan atas, akan muncul seperti hasil kamera dan video, menghapus dan mengedit kamera, untuk 1 fitur saya belum mengetahui fungsinya.

Advanced Settings :

  • Mengatur koneksi wireless
  • Mengatur sensor gerak
  • Mengatur mode rekam
  • Melihat kapasitas Micro SD yang terpasang

Time Setting :

  • Mengatur waktu

Note : saya tidak menggunakan Micro SD, jika menggunakan fitur Snapshot dan perekaman video, maka hasilnya akan tersimpan di HP tersebut.

Mohon maaf jika masih ada kekurangan informasi untuk perangkat tersebut, terima kasih.