Secara default, Administrator telah dibuat ketika instalasi di Vista dan seri terbarunya ( 7, 8 dan 10) namun dalam kondisi tidak aktif. Umumnya akan membuat user baru dengan tipe Administrator pada instalasi awal dimana pengguna bisa mengisikan nama bebas untuk itu.

Bagaimana jika kita ingin mengaktifkannya ? Jika kita coba dengan cara klik Start – Control Panel – Add or remove user accounts – Create a new account – isi dengan Administrator lalu klik Create Account maka muncul seperti tampilan dibawah ini.

Pesan tersebut menginfokan bahwa nama akun Administrator telah ada, seperti yang telah saya infokan di paragraf pertama. Untuk itu hanya perlu diaktifkan saja dengan cara berikut :

1. Klik Start – ketik cmd pada Search Box dan setelah muncul, klik kanan pada program tersebut dan pilih Run as administrator.

2. Jika Windows meminta password, silakan dimasukkan passwordnya, namun jika tidak mengetahuinya, maka dalam hal ini, berarti hanya Admin / pihak IT yang bisa memprosesnya.
3. Jika Windows tidak meminta password dan muncul gambar berikut, ketik “net user administrator /active:yes” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Enter.

4. Kembali ke Manage Accounts dan seharusnya telah terlihat akun Administrator seperti gambar berikut.

Semoga berhasil.