Tiba-tiba saja di kanan bawah layar laptop saya muncul info seperti gambar di atas yang cukup mengganggu pemandangan wallpaper yang digunakan.

Mengutip informasi dari Microsoft yaitu “Pesan mode uji menunjukkan bahwa mode penandatanganan uji pada sistem operasi dimulai di komputer. Mode penandatanganan uji dapat dimulai jika program yang diinstal dalam tahap pengujian karena menggunakan dirver yang tidak ditandatangani secara digital oleh Microsoft.

Microsoft menambahkan mode uji ke sehingga pengguna dapat menguji program tanpa harus memberikan sertifikat otentikasi.” Namun jika saya telusuri sebelumnya, sepertinya driver yang saya gunakan sudah resmi dari masing-masing vendor yang ada, entah jika memang ada update otomatis ke pihak tertentu.

Cara menghapusnya pun sangat mudah, saat ini saya menggunakan OS Windows 10, namun cara ini juga bisa diterapkan di Windows 7 dan Windows 8, hanya berbeda pada pencarian Command Prompt saja, perintah yang digunakan tetap sama.

Berikut cara untuk menghapusnya :

1. Klik logo Windows lalu ketik cmd, maka akan muncul hasil pencarian tersebut, klik kanan pada Command Prompt lalu pilih Run as administrator, klik Yes untuk melanjutkan jika muncul jendela peringatan.

2. Ketik “bcdedit -set TESTSIGNING OFF” jendela Command Prompt yang muncul lalu tekan Enter, jika telah sukses, silakan restart Windows untuk melihat hasilnya, sangat mudah bukan.