Pernah mendengar judul di atas ? Bagi Anda yang hobi belanja di beberapa toko online terkenal pasti akan menggunakannya untuk mendapatkan cashback atau mungkin Anda juga pernah melihatnya tetapi tidak memperhatikannya atau memang tidak mengetahuinya sama sekali ? Tidak masalah, pada artikel ini saya akan coba membahas sedikit tentang .

Juli 2016 saya mengenal Shopback namun lupa dari mana perkenalan itu berasal, hehehe. Saya mencoba mendaftar dan mempelajari cara kerjanya namun memang belum langsung saya coba. 10 September 2016 barulah saya pertama kalinya mencoba dengan belanja di Tokopedia. Saat itu saya belanja dengan nominal lebih dari 1.5 juta dan seharusnya akan mendapatkan cashback sebesar Rp. 50.000 (saat itu Tokopedia memberikan cashback Rp 50.000 jika belanja minimal Rp. 1.500.000 tetapi entah mulai kapan berubah menjadi Rp. 40.000).

Apakah langsung berhasil ? Yup, saya mendapatkan email konfirmasi terkait transaksi tersebut berhasil direkam. Apakah langsung bisa ditarik ? Eits tunggu dulu, ternyata baru sekitar 2 bulan dan itupun jika hasil transaksinya valid. Kok bisa ? karena mereka akan mengeceknya dengan toko online tersebut.

25 November 2016, pertama kalinya saya mendapat email bahwa cashback saya bisa diklaim dan saya mencoba untuk memprosesnya hingga tanggal 28 November 2016 saya mendapatkan Rp. 70.000 melalui transfer Bank yang telah saya cantumkan sebelumnya. Alhamdulillah, lumayan kan.

Jadi ini nyata ? Yup, sangat nyata karena hingga April 2017 saya telah ditransfer sebesar Rp. 737.984, saat ini masih ada dana yang sudah bisa diambil tetapi saya masih tahan karena jumlahnya masih terlalu kecil. Saya menganggap ini sebagai bonus saja dari belanja rutin yang memang kita perlukan seperti beli pampers untuk anak saya, jangan sampai karena ada cashback ini menjadikan kita lebih boros, gunakanlah dengan bijak.

Apakah semudah itu mendapatkannya ? Tentu tidak juga, karena beberapa kali saya gagal dan ditolak karena beberapa hal. Untuk itulah saya akan memberikan tips kepada Anda agar bisa mendapatkan cashback tersebut, berikut caranya (dalam hal ini saya asumsikan bahwa Anda telah mendaftar dan mengkonfirmasi email dari Shopback) :

  1. Gunakan browser Chrome dan Safari serta Firefox.

Kenapa ? Karena browser tersebut sudah mendukung cashback buddy, yaitu semacam browser extension sebagai pengingat dan akan menginformasikan jika transaksi Anda berhasil direkam sehingga peluang Anda mendapatkan cashback tetap ada. Sebagai informasi saya selalu menggunakan Chrome sejak awal, namun ketika saya mengecek kembali di 2018, ternyata saat ini Firefox sudah didukung.

  1. Pilih barang yang ingin Anda cari dahulu tanpa login ke Shopback.

Shopback akan melacak setiap toko online yang dikunjungi, semakin banyak Anda klak-klik sana sini, semakin kecil peluang mendapatkan cashbacknya. Jadi jika Anda telah mendapatkan beberapa barang yang ingin dibeli, copy paste link tersebut lalu gunakan browser berbeda dan langsung eksekusi barang yang Anda inginkan.

  1. Perhatikan dengan cermat syarat dan kondisi.

Ketika Anda akan mengklik toko yang ingin dikunjungi, Shopback akan memberikan informasi persyaratan yang berlaku, mungkin Anda akan membacanya tapi apakah Anda memperhatikannya ? Itulah yang pernah terjadi dengan saya, saya membacanya hanya sekilas saja, seperti kejadian belanja di Tokopedia, ternyata ada 2 link, 1 untuk jual beli online dan 1 lagi untuk pembayaran digital (waktu itu saya masih menggunakan Firefox, sehingga belum ada cashback buddy) dan saya klik link jual beli untuk transaksi produk digital hingga akhirnya casback saya gagal setelah diberikan informasi oleh staf online chat terkait kesalahan link tersebut.

Entah sejak kapan, di Juni 2018 ada perubahan perihal cashback bahwa untuk mendapatkannya tidak berlaku jika Anda menggunakan kode voucher dari Tokopedia (mohon maaf dalam ini kenapa Tokopedia terus yang muncul, karena saya lebih sering belanja di sana). Hingga akhirnya saya mendapatkan info kembali via email terkait keluhan saya sebelumnya.

3 diatas menurut saya merupakan point utama untuk mendapatkan cashback, selebihnya Anda bisa mendapatkan informasi cara kerjanya di https://www.shopback.co.id/cara-kerja.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, saya mohon bisa menggunakan link referal dari saya untuk proses pendaftaran di sini. Yup, Shopback akan memberikan cashback awal bagi pendaftar baru (dengan syarat tertentu) dan pemberi referensi, namun seperti yang saya infokan di atas, gunakanlah dengan bijak. Tidak ada salahnya jika memang Anda berbelanja di salah satu toko online yang telah bekerja sama dengan Shopback, dapat barang yang diinginkan + cashback juga.

Selamat berbelanja dengan bijak.