Pantau Lalu Lintas Secara Online

Pantau Lalu Lintas Secara Online

Untuk mengetahui kondisi lalu lintas atau jalur yang akan kita lewati, biasanya saya cek via Google Maps (warna merah menandakan macet). Namun ada acara berbeda, kali ini saya akan coba memantau lalu lintas CCTV dari 2 sumber yaitu :

  1. CCTV milik Departmen Perhubungan yang bisa diakses di sini.

Pada halaman tersebut, ada sekitar 36 CCTV dari berbagai daerah dan 2 via drone, tetapi ketika saya coba akses via drone, tidak berhasil.

Saya coba mengakses beberapa CCTV tetapi sepertinya jam yang tertera tidak sesuai dengan jam saat saya mengaksesnya, sekitar pukul 19.30 WIB. Bahkan ada beberapa yang tidak menampilkan waktunya.

Berikut tampilannya :

 

 

  1. Situs lewatmana.com, entah ada beberapa CCTV dalam situs ini, mungkin lebih dari 20 CCTV dan tertera juga peta pada halaman awal untuk lebih mudah memantau daerah yang kita inginkan.

Berbeda dengan sebelumnya, banyak iklan pada halamannya, ya mungkin sebagai salah satu sumber dana agar situs ini tetap beroperasi.

Ada beberapa tombol navigasi untuk memudahkan akses di situs ini seperti CCTV, Kondisi, Peta, Lokasi dan Download yang tampak seperti berikut. Namun jika saya coba klik Google play Full atau Free dan pencarian dari HP tidak menemukan aplikasi tersebut.

 

 

Saya coba akses salah satu CCTV di daerah Ancol. Awalnya sempat bingung karena gambar tidak bergerak dan setelah saya klik Refresh maka gambar akan terupdate dengan waktu terkini. Ternyata memang ada gambar dan video, untuk melihat video, klik Video namun sepertinya tidak live streaming seperti milik Dishub, mungkin untuk menghemat bandwidth. Jadi saya hanya bisa melihat sekitar 7 detik dan untuk melihat situasi terkini, klik Refresh kembali untuk mendapatkan hasil terbaru.

Disebutkan juga lokasi kamera tersebut sehingga memudahkan untuk melihat arah dan tujuan lalu lintas dan yang lebih menarik ada Timelapse dimana kita bisa melihat rekaman ulang mulai 30 menit, 2 jam, 24 jam dan 2 hari sebelumnya.

Dan pada halaman dibawahnya, terdapat komentar yang akan terhubung langsung pada aplikasi Twitter.

 

 

Berikut tampilan CCTV pada masing-masing lokasi.

 

 

Oh iya, pastikan koneksi internet Anda stabil untuk mengakses CCTV tersebut, semoga membantu, terima kasih.

Uji Kecepatan Internet Ruckus ZoneFlex R300 AP

Uji Kecepatan Internet Ruckus ZoneFlex R300 AP

Ketemu Ruckus ZoneFlex R300 AP di meja teman dan karena saya ada waktu luang, langsung saja saya coba.

Karena tidak menemukan PoE, maka saya menggunakan adaptor 12V milik Linksys dan ketika menyala seperti gambar di atas. Berikut gambar routernya, mirip dengan Ruckus Zonflex R310 namun agak lebih kecil. Jika kita melihat dari posisi atas, tulisan akan berbanding terbalik, karena memang sudah didesain untuk dipasang di atap, sehingga posisi tulisan menjadi normal jika terlihat dari bawah.

 

 

Untuk topologi sebagai berikut, dimana DHCP dari Mikrotik dan hasil pengetesan saya dengan laptop dari router dimana mendapatkan bandwidth sekitar 80 Mbps untuk download dan 90 Mbps untuk upload. Langsung saja saya coba perangkat ini.

 

 

1. IP DHCP dari Mikrotik ke AP ini adalah 192.168.1.14, maka langsung saya ketikkan di browser hingga muncul gambar berikut, klik Advanced – Accept the Risk and Continue.

 

 

2. Karena saya tidak mengetahui akses login, maka saya mereset AP tersebut, cukup tekan tombol Reset sekitar 5-10 detik dalam posisi menyala dan AP akan seperti gambar pertama di atas. Login dengan username super dan password sp-admin.

 

3. Jika melihat tulisan merah di bagian bawah, sepertinya AP ini sebelumnya disambungkan ke Ruckus Controller karena tidak adanya konfigurasi wireless di menu Configuration. Berikut tampilan lainnya pada menu Status.

 

 

4. Berikut tampilan pada menu Configuration, terdapat konfigurasi DCHP, Static IP dan PPPoE untuk koneksi ke internet.

 

 

5. Berikut tampilan pada menu Maintenance, saya coba upgrade dari pilihan FTP dan Web hasilnya gagal, entah karena AP ini sudah discontinue atau hal lainnya. Untuk pilihan Local akan saya cari nanti.

 

 

6. Berikut tampilan pada menu Administration, terdapat diagnostik untuk Ping dan Traceroute.

 

 

7. Melanjutkan dari langkah 5, setelah saya cari di sini dan download di sini, akhirnya berhasil menjadikan AP ini sebagai perangkat sendiri (standalone AP).

 

 

8. Ada beberapa perubahan seperti gambar berikut dan tentunya pada menu Configuration telah muncul konfigurasi wireless.

 

 

9. Untuk mengaktifkan wireless pada Radio 2.4G atau Radio 5G, cukup pilih Enabled pada Wireless Availability, lalu isi SSID dan pilih Encyrption Method yang diinginkan serta konfigurasi WPA dan klik Update Settings.

 

 

Catatan : pada Radio 5G, jika saya pilih Channel SmartSelect, wireless pada laptop dan handphone saya tidak mengenali nama SSID-nya dan setelah saya coba ganti ke Channel 149, baru bisa terdeteksi dan setelah saya rubah kembali ke SmartSelect, bisa dikenali kembali, entah ada bug atau hal lainnya.

10. Berikut hasil pengetesan pada Radio 2.4G dan Radio 5G di perangkat laptop dan handphone saya, untuk memaksimalkan bandwidth yang ada, lebih baik gunakan Channel Width 40 Mhz pada masing-masing konfigurasi Radio.

Terima kasih.

 

Konfigurasi Iklan Vinyet di Google Adsense

Konfigurasi Iklan Vinyet di Google Adsense

Sebenarnya saya sudah pernah melihat jenis iklan tersebut, namun tidak mengetahui namanya dan ketika ada seseorang bertanya di grup disertai screenshoot barulah saya mengetahui dan menerapkannya.

Mengacu pada sini, iklan vinyet adalah iklan layar penuh yang muncul di antara pemuatan halaman dan dapat dilewati oleh pengguna kapan pun.

Iklan vinyet ditampilkan saat pengguna meninggalkan halaman, bukan saat pertama kali mereka tiba, sehingga pengguna tidak perlu menunggu vinyet dimuat dan Google membatasi jumlah vinyet per pengguna untuk mempertahankan pengalaman yang baik bagi pengguna.

Berikut cara pemasangan iklan vinyet pada situs saya :

1. Login ke Google Adsense.

2. Klik Iklan – Ringkasan – Edit (icon pensil di kanan bawah).

3. Gulung ke bawah pada Setelan iklan, aktifkan Iklan vinyet dan klik Terapkan ke situs.

4. Akan muncul konfirmasi untuk penerapan ke situs, sesuaikan dengan kebutuhan, klik Simpan.

5. Akan muncul informasi penerapan iklan tersebut, klik Tutup.

Hasil percobaan saya, tidak sampai 1-2 menit setelah melakukan langkah di atas telah muncul iklan tersebut dan memang tidak semua iklan akan muncul ketika saya berpindah ke lain halaman, namun setidaknya saya berhasil memasang iklan tersebut. Terima kasih.

 

Berkemah di Cibuluh Land

Berkemah di Cibuluh Land

Niatnya sewa villa dan sudah 2x survei ke Puncak Bogor hingga akhirnya menemukan yang “sesuai” menjelang maghrib. Beruntungnya villa tersebut belum di DP karena mendekati hari H banyak yang batal. But the journey must go on, so saya cari jalan keluar dan terjadilah artikel ini.

Ya, kami memutuskan untuk kemping di Cibuluh Land daerah Sentul yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, tentunya tidak kena ganjil genap juga. Saya mendapatkan info dari grup Facebook dan memang CG (camping ground) tersebut masuk dalam daftar saya, karena cocok jika membawa anak-anak, terdapat air terjun dan kolam renang untuk bermain.

Hujan menemani kami ketika masuk wilayah Sentul, walau tidak terlalu deras saya tetap gasspooll sampai lokasi. Berbeda dengan kemping sebelumnya, kali ini tim membawa alat dapur yang komplit sehingga alhamdulillah tidak kekurangan gizi wkwkwk.

Malam hari udara tidak terlalu dingin, saya lupa cek suhu, entah karena posisinya di dalam hutan sehingga tiupan angin tidak terlalu kencang walaupun saat itu tengah malam hujan mengetuk tenda saya berkali-kali. Siang hari pun cuaca masih tetap sejuk dan hujan kembali ketika kami akan pulang.

Berikut kesimpulan saya saat kunjungan tersebut :

Kelebihan :

– lokasi mudah dicapai dan akses jalan bagus.

– tersedia campervan (tenda samping mobil).

– toilet banyak, bersih dan gratis.

– tersedia musholla.

– area kemping cukup luas, bahkan ada penyewaan glamping juga.

– adanya air terjun dan kolam renang, cocok untuk anak-anak.

– ada café dalam area CG dan warung di luar area CG.

Kekurangan :

– memasuki area CG, jalan turun cukup terjal dan menurut saya seharusnya ada pos / kordinasi antar petugas khawatir ketika ada mobil melintas bersamaan.

– pemandangan, ya karena posisi area CG di dalam hutan, sehingga tidak terlihat pemandangan lainnya kecuali pohon dan monyet.

– jika hujan deras tidak turun ketika saya ingin pulang, mungkin saya tidak akan info hal ini, karena saat itu saya melihat air sungai yang awalnya bening berubah menjadi coklat dan tentunya akan mengganggu pengunjung yang sedang berenang di sungai tersebut (saya tidak sempat foto karena posisi sedang hujan deras saat itu).

Sekali lagi, alhamdulillah saya masih diberikan kenikmatan untuk perjalanan ini, terima kasih. Oh iya, sebelum berkunjung disarankan untuk reservasi dahulu, harga dan kontaknya ada pada akhir gambar.

 

Kilas Balik Gojek 2021

Kilas Balik Gojek 2021

Sama seperti tahun sebelumnya, muncul lagi info dari Gojek dari penggunaan 1 tahun lalu (2021). Memang tahun kemarin saya lebih sering menggunakan Gojek karena promo yang lebih besar tentunya untuk produk GoFood.

Berikut tampilannya.