Sebelum Subuh saya ditelpon Anida (saya baru tau jika dia dipanggil Ocha juga, hehehe) agar berkumpul di rumahnya untuk memastikan keikutsertaan saya ke sesuai rencana sebelumnya. Yup, baru pertama kalinya saya pergi ke daerah kepulauan Seribu. 12 orang telah berkumpul di Kali Adem sekitar pukul 7 pagi, 10 dari mereka saya tidak kenal kecuali ya Anida karena tetangga saya, ternyata mereka pun teman dari temannya lagi, seperti saya juga.

Selalu ada pertama untuk sesuatu hal, seperti naik perahu yang terombang-ambing di lautan sekitar 2 jam waktu perjalanan, Alhamdulillah saya baik-baik saja ketika sampai, hahaha. Kami langsung menuju ke tempat peristirahatan, waktunya hanya 5 menit setelah turun dari dermaga. Rumah tersebut berjarak sekitar 100 m dari bibir pantai dan cukup bersih, terdiri dari 2 kamar non AC, 1 ruang tamu serta dapur, dan airnya pun tidak asin.

Setelah makan siang, kami bersiap snorkeling di beberapa spot serta wisata ke beberapa pulau sebrang hingga matahari terbenam. Selesai makan malam, kami berkeliling pulau dengan sepeda, jalan sekitar hanya diterangi oleh lampu seadanya, sehingga membatasi penglihatan kami. Cukuplah setengah jam kami berolahraga hingga akhirnya terlelap.

Pagi hari kami bersepeda ke Pantai Pasir Perawan, alasan dinamakannya karena pantai tersebut sangat bersih, saya tidak melihat sampah yang berserakan baik di pasir dan airnya, terjaga sekali kebersihannya. Tempat yang cocok untuk foto pre-wedding. Kami menyewa perahu untuk mengelilingi pantai tersebut, sekelilingnya banyak tambak kerang dan pohon bakau, setelah melewatinya akan terlihat daratan yang indah, masya Allah.

Ada kejadian lucu ketika bermain di daratan ini, seseorang dari kami menemukan Teripang dan memainkannya, tanpa di duga Teripang tersebut memuntahkan cairan hingga sampai ke mulutnya dan sedikit tertelan, rasanya ? silakan coba sendiri, wkwkwk.

Waktu siang pun tiba, kami telah berkumpul di dermaga untuk kembali pulang ke Jakarta. Ke Jakarta aku kan kembali, walapun apa yang kan terjadi, du du du, tambah hitamlah kulitku ini, hehehe.